Yang Ada Dalam Bab I Penelitian
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kinerja
guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, merupakan faktor utama
dalam pencapaian tujuan pengajaran, keterampilan peguasaan proses pembelajaran
ini sangat erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab guru sebagai
pengajar, pendidik dan fasilitator belajar siswa. Jadi, kinerja guru
berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas.
Guru harus memiliki penguasaan tehadap materi pelajaran, penguasaan profesional
keguruan dan pendidikan, penguasaan cara-cara menyesuaikan diri dan
berkepribadian untuk melaksanakan tugasnya, di samping itu guru harus merupakan
pribadi yang berkembang dan bersifat dinamis. Hal ini sesuai dengan yang
tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan
suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis,
serta mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan
dan selain itu mampu memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi,
dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.
Di
SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja, dalam pelaksanaan
pembelajaran di kelas ternyata masih ada guru yang enggan melaksanakan tugas
dan fungsinya sesuai dengan petunjuk yang ada bahkan ada guru yang tidak
menyusun silabus dan RPP, sehingga tujuan yang diharapkan tidak dapat tercapai,
dan pembelajaran tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini disebabkan karena
pemilihan dan penentuan materi bahan ajar yang dilakukan oleh guru tidak
memenuhi kriteria yang telah ditentukan dalam silabus dan RPP, guru memilih
bahan ajar yang sesuai dengan kemampuannya saja, akibatnya banyak materi
pelajaran yang tidak disampaikan oleh guru, sehingga sebagian besar siswa tidak
memahami materi pelajaran yang sesungguhnya, dan hasil belajar siswa rendah.
Kondisi
tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada
pengembangan belajar siswa dan karir bagi guru yang bersangkutan. Permasalahan
tersebut perlu penanganan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengoptimalkan peranan
sebagai supervisor.
Berangkat
dari latar belakang tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan
dengan fokus supervisi akademik. Judul dalam penelitian ini adalah: “Upaya
Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora
Kecamatan Wanareja dalam Menentukan Materi Pelajaran Melalui Supervisi Akademik
Pada Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016”.
B.
Identifikasi Masalah
Sesuai
dengan latar belakang permasalahan di atas, maka permasalahan yang dihadapi
oleh guru dalam pembelajaran dapat diindetifikasi sebagai berikut:
1. Sebagian
besar guru-guru SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja belum
memiliki kemampuan yang optimal dalam memilih dan menentukan materi pelajaran.
2. Tingkat
ketercapaian dalam kemampuan mengevaluasi pembelajaran belum sesuai dengan
harapan dalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
C.
Pembatasan Masalah
Setelah
diidentifikasi masalah yang relevan untuk dikaji perlu ada kekhususan, maka
untuk memudahkan peneliti akan membatasi permasalahan yang disinyalir oleh
peneliti sebagai akar permasalahan dari semua masalah yang teridentifikasi
yaitu kurang optimalnya guru dalam memilih dan menentukan materi pelajaran
dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan
hanya dibatasi pada kinerja guru dalam pembelajaran, yaitu dari merencanakan
pembelajaran (menentukan materi), melaksanakan pembelajaran, menilai hasil
pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas
tambahan.
D.
Rumusan Masalah
Sesuai
dengan latar belakang masalah, identifikasi masalah, dan batasan masalah
tersebut di atas, selanjutnya dapat dirumuskan permasalahan yang diteliti.
Adapun rumusan masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Apakah supervisi akademik yang dilaksanakan
oleh Kepala SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja dapat
meningkatkan pemahaman guru dalam menentukan materi pelajaran?
2.
Bagaimana dampak supervisi akademik yang
dilaksanakan oleh Kepala SD Negeri Malabar 05 terhadap peningkatan kemampuan
guru dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran?
E.
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini dilakukan bertujuan untuk:
1.
Meningkatkan pemahaman guru SD Negeri
Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja dalam menentukan materi pelajaran
melalui Supervisi Akademik.
2.
Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
pada setiap mata pelajaran yang disampaikan guru.
F.
Manfaat Penelitian
Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik yang bersifat praktis maupun
teoretis. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1.
Bagi Pengawas
Sekolah
a. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengawas pada jenjang sekolah
dasar, untuk memberikan gambaran mengenai Supervisi Akademik guna meningkatkan
kinerja guru.
b. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengawas sekolah untuk dijadikan
bahan acuan dalam pelaksanaan tugas pengawas sebagai supervisor.
2.
Bagi Kepala
Sekolah
a.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat bagi kepala sekolah, khususnya pada jenjang sekolah dasar dan
jenjang lain pada umumnya untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan
supervisi akademik berkelanjutan guna meningkatkan unjuk kerja guru.
b.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat bagi kepala sekolah untuk dijadikan bahan acuan dalam pelaksanaan
tugas kepala sekolah sebagai supervisor.
3.
Bagi Guru
a.
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat
bagi guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran sehingga lebih
optimal.
b.
Hasil Penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat bagi guru untuk dijadikan sebagai informasi tambahan mengenai
kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah.
4.
Bagi Siswa
a.
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat
bagi siswa agar dapat meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran dari materi
yang disampaikan guru pada setiap mata pelajaran.
b.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar siswa sehingga proses
pembelajaran yang dilakukan di sekolah menjadi semakin terarah dan bermakna.
0 Response to "Yang Ada Dalam Bab I Penelitian"
Post a Comment