-->

Yang Ada Dalam Bab I Penelitian


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, merupakan faktor utama dalam pencapaian tujuan pengajaran, keterampilan peguasaan proses pembelajaran ini sangat erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab guru sebagai pengajar, pendidik dan fasilitator belajar siswa. Jadi, kinerja guru berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Guru harus memiliki penguasaan tehadap materi pelajaran, penguasaan profesional keguruan dan pendidikan, penguasaan cara-cara menyesuaikan diri dan berkepribadian untuk melaksanakan tugasnya, di samping itu guru harus merupakan pribadi yang berkembang dan bersifat dinamis. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis, serta mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan dan selain itu mampu memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.
Di SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas ternyata masih ada guru yang enggan melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan petunjuk yang ada bahkan ada guru yang tidak menyusun silabus dan RPP, sehingga tujuan yang diharapkan tidak dapat tercapai, dan pembelajaran tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini disebabkan karena pemilihan dan penentuan materi bahan ajar yang dilakukan oleh guru tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan dalam silabus dan RPP, guru memilih bahan ajar yang sesuai dengan kemampuannya saja, akibatnya banyak materi pelajaran yang tidak disampaikan oleh guru, sehingga sebagian besar siswa tidak memahami materi pelajaran yang sesungguhnya, dan hasil belajar siswa rendah.
Kondisi tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada pengembangan belajar siswa dan karir bagi guru yang bersangkutan. Permasalahan tersebut perlu penanganan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengoptimalkan peranan sebagai supervisor.
Berangkat dari latar belakang tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan dengan fokus supervisi akademik. Judul dalam penelitian ini adalah: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru  SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja dalam Menentukan Materi Pelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016”. 

B.       Identifikasi Masalah
Sesuai dengan latar belakang permasalahan di atas, maka permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran dapat diindetifikasi sebagai berikut:
1.    Sebagian besar guru-guru SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja belum memiliki kemampuan yang optimal dalam memilih dan menentukan materi pelajaran.
2.    Tingkat ketercapaian dalam kemampuan mengevaluasi pembelajaran belum sesuai dengan harapan dalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

C.      Pembatasan Masalah
Setelah diidentifikasi masalah yang relevan untuk dikaji perlu ada kekhususan, maka untuk memudahkan peneliti akan membatasi permasalahan yang disinyalir oleh peneliti sebagai akar permasalahan dari semua masalah yang teridentifikasi yaitu kurang optimalnya guru dalam memilih dan menentukan materi pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan hanya dibatasi pada kinerja guru dalam pembelajaran, yaitu dari merencanakan pembelajaran (menentukan materi), melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan.

D.      Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah, identifikasi masalah, dan batasan masalah tersebut di atas, selanjutnya dapat dirumuskan permasalahan yang diteliti. Adapun rumusan masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah supervisi akademik yang dilaksanakan oleh Kepala SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja dapat meningkatkan pemahaman guru dalam menentukan materi pelajaran?
2.    Bagaimana dampak supervisi akademik yang dilaksanakan oleh Kepala SD Negeri Malabar 05 terhadap peningkatan kemampuan guru dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran?

E.       Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk:
1.    Meningkatkan pemahaman guru SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja dalam menentukan materi pelajaran melalui Supervisi Akademik.
2.    Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada setiap mata pelajaran yang disampaikan guru.

F.       Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik yang bersifat praktis maupun teoretis. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1.    Bagi Pengawas Sekolah
a.    Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengawas pada jenjang sekolah dasar, untuk memberikan gambaran mengenai Supervisi Akademik guna meningkatkan kinerja guru.
b.    Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengawas sekolah untuk dijadikan bahan acuan dalam pelaksanaan tugas pengawas sebagai supervisor.
2.    Bagi Kepala Sekolah
a.    Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kepala sekolah, khususnya pada jenjang sekolah dasar dan jenjang lain pada umumnya untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan supervisi akademik berkelanjutan guna meningkatkan unjuk kerja guru.
b.   Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kepala sekolah untuk dijadikan bahan acuan dalam pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai supervisor.
3.    Bagi Guru
a.    Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran sehingga lebih optimal.
b.   Hasil Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru untuk dijadikan sebagai informasi tambahan mengenai kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah.
4.    Bagi  Siswa
a.    Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa agar dapat meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran dari materi yang disampaikan guru pada setiap mata pelajaran.
b.   Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar siswa sehingga proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah menjadi semakin terarah dan bermakna.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yang Ada Dalam Bab I Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel