Ujian Sekolah Mapel PKn SMPIT Al Fawwaz Banjar
NASKAH UTAMA
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
Satuan Pendidiakan : SMPIT Al Fawwaz Banjar
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Hari/ Tanggal : Sabtu, 18 April 2020
I.
Jawabah
salah satu jawaban yang paling tepat di bawah!
1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Sebagai
pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam bertingkah laku dan menjalankan
aktifitas sehari-seharinya.
2. Sebagai
petunjuk untuk bangsa Indonesia dalam menyelesaikan
persoalan politik, social, budaya, ekonomi, hokum dan persoalan lainnya.
3. Sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri atas
keragaman suku, budaya, adat istiadat, bahasa, warna kulit dan agama.
4. Pancasila menjadi dasar dalam penyelanggaraan Negara
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan pengertian
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor ….
A.
1 dan 3
B.
2 dan 4
C.
1, 2, dan 3
D.
2, 3, dan 4
2.
Perhatikan komitmen para pendiri negara dalam
perumusan Pancasila!
(1)
Adanya rasa
memiliki terhadap bangsa Indonesia
(2)
Selalu
bersemangat dan berjuang
(3)
Mengutamakan
semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme
(4)
Mendukung dan
berupaya secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa
Tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak
fasilitas sekolah merupakan salah satu bentuk komitmen peneladanan pendiri
Negara yang ditunjukan pada nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
3.
Jiwa dan
semangat bangsa Indonesia untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan sering
juga disebut sebagai “jiwa dan semangat 45”. Sebagai generasi penerus dapat
meneladani jiwa tersebut melalui sikap antri baik ketika di kantin, mushola
atau kamar mandi sekolah. Hal ini merupakan perwujudan dari nilai ….
A.
Solidaritas
B.
Toleransi
C.
Patriotism
D.
Jiwa kesatria
4.
Pancasila yang
terdapat dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman dalam
penyelanggaraan pemerintah. Penerapan Pancasila terkait dengan hal tersebut
berfungsi sebagai ….
A.
Pandangan
hidup bangsa
B.
Ideology
terbuka
C.
Kepribadian
bangsa
D.
Dasar Negara
5.
Beberapa waktu
yang lalu terjadi tawuran antar kelompok pelajar. Sebagai ketua OP3M, Abdul
mengajak seluruh pelajar untuk mengadakan kegiatan social di panti asuhan
“Bunga Melati” agar tidak terjadi lagi tawuran dengan mengisi waktu melalui
kegiatan social. Kegiatan Abdul tersebut merupakan perilaku yang sesuai dengan
nilai Pancasila yaitu ….
A.
Menghargai
hak-hak orang lain
B.
Saling
mencintai sesama manusia
C.
Mewujudkan
keadilan masyarakat
D.
Gemar
melakukan kegiatan kemanusiaan
6.
Penanaman
nilai-nilai Pancasila harus diperkenalkan oleh orangtua sejak dini kepada
anak-anaknya. Di bawah ini merupakan contoh penanaman nilai-nilai Pancasila di
lingkungan keluarga yaitu ….
A.
Orang tua
membagi makanan kepada anaknya berdasarkan keinginan masing-masing anak
B.
Orang tua
membiarkan anaknya tidak merapikan sisa makanan di meja makan
C.
Orang tua
membagi makanan kepada anaknya berdasarkan kebutuan masing-masing anak
D.
Orang tua
membiarkan anaknya bermain handphone sampai larut malam
7.
Pernyataan di
bawah ini yang sesuai dengan makna Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
dan saling berkaitan adalah ….
A.
Sila pertama
menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan sila kelima
B.
Sila pertama
dijiwai dan menjiwai sila kedua, ketiga, keempat dan sila kelima
C.
Sila kedua
dijiwai dan menjiwai sila pertama, ketiga, keempat dan sila kelima
D.
Sila kelima
dijiwai dan menjiwai semua sila
Pancasila
8.
:Bahwa
sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka
penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri
kemanusiaan dan peri keadilan”. Salah satu alinea dalam kalimat pembukaan UUD
NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa ….
A.
Bangsa
Indonesia siap membantu bangsa-bangsa lain untuk merdeka serta hendak
mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
B.
Bangsa
Indonesia menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka serta
keyakinan bangsa Indonesia akan kebesaran jiwa pahlawan dalam meraih
kemerdekaan
C.
Bangsa
Indonesia memiliki keinginan untuk melepaskan diri dari penjajahan serta
menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka
D.
Penjajahan
sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan
9.
Pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 ada empat. Salah satunya adalah “Negara berdasarkan atas
ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab”.
Pokok pikiran tersebut merupakan pokok pikiran yang ….
A.
Pertama
B.
Kedua
C.
Ketiga
D.
Keempat
10.
Kebijakan
fasilitas kesehatan melalui BPJS merupakan penerapan dari tujuan Negara
Indonesia yang termuat pada alinea IV Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yaitu ….
A.
Memajukan
kesejahteraan umum
B.
Mencerdaskan kehidupan
bangsa
C.
Ikut
melaksanakan ketertiban bangsa
D.
Melindungi
segenap bangsa Indonesia
11.
Pokok pikiran
ketiga yaitu Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan
permusyawaratan/perwakilan. Penerapan dari pokok pikiran ketiga ini dalam praktek
kenegaraan yang tepat adalah ….
A.
Keberadaaan
kampanye untuk menarik simpati calon pemilih dalam pemilu
B.
Keberadaan
pemilu untuk memilih wakil-wakil rakyat di lembaga legislatif
C.
Negara
membagikan beras miskin kepada seluruh lapisan rakyat Indonesia
D.
Negara
menggratiskan biaya rumah sakit bagi seluruh lapisan masyarakat
12.
Semua warga
negara yang telah memenuhi syarat yang sesuai dengan peraturan
perundang-undangan berhak mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu). Pelaksanaan pemilu
sesuai dengan perinsip-perinsip kedaulatan Negara Republik Indonesia yaitu ….
A.
Negara
Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republic
B.
Negara
Indonesia adalah Negara hukum
C.
Kedaulatan
berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD
D.
Presiden tidak
dapat membekukan dan/atau membubarkan DPR
13.
Lahirnya
sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 tidak terlepas dari peranan dan
semangat pemuda dalam mempersatukan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia. Salah satu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam
semangat Sumpah Pemuda adalah ….
A.
Cinta tanah
air dan bangsa
B.
Cinta pada
generasinya
C.
Cinta pada
prestasinya
D.
Cinta akan
jati diri
14.
Bangsa
Indonesia memiliki keberagaman masyarakat yang disebabkan oleh suku, budaya,
agama dan keyakinan, ras, dan golongan. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
dapat menimbulkan berbagai masalah dalam masyarakat apabila tidak mencegah dan
diatasi dengan baik. Permasalahan/dampak negatif dari keberagaman antara lain
….
A.
Sikap
primordialisme, etnosentris dan integrasi nasional
B.
Sikap primordialisme,
etnosentris dan patriotism
C.
Sikap
primordialisme, integrasi nasional dan patriotism
D.
Sikap
primordialisme, etnosentris dan panatisme yang berlebihan
15.
Keberagaman
budaya di satu sisi memberikan peran penting bagi bangsa dan masyarakat besar
seperti Indonesia. Tentu saja hal tersebut dapat terjadi apabila keberagaman
kebudayaan tersebut dikelola dengan tepat. Bagaimana bila tidak dikelola dengan
tepat? Malapetakalah yang akan melanda. Hamper semua Negara yang penduduknya
heterogen seperti India dan Filipina, termasuk Indonesia setiap saat dapat
terjadi konflik bernuansa SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
Setiap masalah yang berpotensi menimbulkan konflik
SARA dalam masyarakat harus dicegah supaya tidak menimbulkan kerugian dalam
masyarakat. Upaya pencegahan konflik dapat dilakukan dengan cara ….
A.
Penangkapan,
pembubaran paksa dan latihan bersama
B.
Mengembangkan
sikap toleransi, kerjasama, dan latihan bersama
C.
Pendampingan
bagi korban kerusuhan, perdamaian dan kerjasama
D.
Pendampingan
bagi korban kerusuhan, perdamaian, pembubaran paksa
16.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1)
Memiliki
semangat juang
(2)
Memiliki
semangat hedonism yang tinggi
(3)
Sikap rela
berkorban
(4)
Keritis
terhadap masalah yang terjadi dalam masyarakat
(5)
Fanatisme yang
tinggi terhadap ide-idenya
(6)
Menerima dan
menghargai perbedaan
Dari pernyataan diatas, semangat yang harus dimiliki
oileh pemuda pada masa sekarang sebagai generasi penerus bangsa adalah nomor ….
A.
(2), (3), (4),
(6)
B.
(1), (3), (4),
(6)
C.
(1), (2), (3),
(5)
D.
(1), (3), (5),
(6)
17.
Perhatikan pernyataan ini!
1.
Mengutamakan
semangat primordialisme dan chauvinism
2.
Adanya
keinginan menjadi pemimpin bangsa yang dihormati
3.
Selalu
bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
4.
Mengutamakan
semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme yang tinggi
5.
Bersedia
melakukan pengorbanan pribadi demi kepentingan bangsa dan Negara
6.
Berupaya keras
mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
Bentuk semangat dan komitmen dalam rangka mengisi dan
mempertahankan NKRI ditunjukkan oleh sikap nomor ….
A.
1, 2, dan 3
B.
2, 3, dan 4
C.
3, 4, dan 5
D.
4, 5, dan 6
18.
Sering kita
jumpai seseorang menunjukan gaya hidup mewah, mereka menyukai barang mahal
produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang mewah
mereka di media social. Harga mahal bukan halangan bagi mereka untuk membeli
karena memiliki barang bermerek dari luar negeri dirasa mampu meningkatkan
kepercayaan diri dan eksistensi. Factor penyebab lunturnya kebanggaan terhadap
produk dalam negeri adalah ….
A.
Munculnya rasa
iri sebagaian masyarakat terhadap public figure
B.
Tingginya
semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi
C.
Rendahnya
semangat nasionalisme dan patriotism masyarakat
D.
Rendahnya
kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya
19.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.
Kebangkitan
nasional
2.
Perasaan
senasib
3.
Patriotism
4.
Proklamasi
kemerdekaan
5.
Nasionalisme
6.
Sumpah pemuda
Dari pernyataan diatas yang merupukan tahapan-tahapan
pembinaan persatuan bangsa Indonesia adalah ….
A.
1, 2, 3, 4
B.
1, 2, 5, 6
C.
2, 5, 6, 4
D.
2, 1, 6, 4
20.
Keberagaman
suku bangsa, agama, ras dan antar golongan merupakan kekayaan bangsa yang
sangat berharga, meskipun berbeda-beda kita tetap satu, sebagaimana semboyan
Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman dapat berdampak positif maupun negatif bagi
bangsa Indonesia. Salah satu dampak positif keberagaman tersebut bagi bangsa
Indonesia adalah ….
A.
Mempermudah
masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita nasinal
B.
Menjadikan
bangsa yang dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
C.
Menumbuhkan
sikap primordialisme antar suku, agama, budaya dan golongan
D.
Sarana untuk
memajukan pergaulan antar suku, agama, budaya dan golongan
II.
Jawablah petanyaan berikut ini dengan benar!
1.
Sebutkan
factor-faktor penyebab munculnya keberagaman di Indonesia!
2.
Jelaskan sisi
positif dan sisi negatif adanya keberagaman bangsa Indonesia!
3.
Jelaskan
amaliyah apa yang dapat mencerminkan nilai sila ketiga Pancasila!
4.
Apa yang Anda ketahui
tentang kebangkitan nasional Tahun 1908?
5.
Tulislah bunyi
ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928!
0 Response to "Ujian Sekolah Mapel PKn SMPIT Al Fawwaz Banjar"
Post a Comment