-->

Ujian Sekolah Mapel PKn SMPIT Al Fawwaz Banjar


NASKAH UTAMA
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

Satuan Pendidiakan          : SMPIT Al Fawwaz Banjar
Mata Pelajaran                : Pendidikan Kewarganegaraan
Hari/ Tanggal                   : Sabtu, 18 April 2020


     I.          Jawabah salah satu jawaban yang paling tepat di bawah!
1.      Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.      Sebagai pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam bertingkah laku dan menjalankan aktifitas sehari-seharinya.
2.      Sebagai petunjuk untuk bangsa Indonesia dalam menyelesaikan persoalan politik, social, budaya, ekonomi, hokum dan persoalan lainnya.
3.      Sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri atas keragaman suku, budaya, adat istiadat, bahasa, warna kulit dan agama.
4.      Pancasila menjadi dasar dalam penyelanggaraan Negara
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor ….
A.      1 dan 3
B.      2 dan 4
C.      1, 2, dan 3
D.     2, 3, dan 4
2.      Perhatikan komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila!
(1)   Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia
(2)   Selalu bersemangat dan berjuang
(3)   Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme
(4)   Mendukung dan berupaya secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa
Tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak fasilitas sekolah merupakan salah satu bentuk komitmen peneladanan pendiri Negara yang ditunjukan pada nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.     (4)
3.      Jiwa dan semangat bangsa Indonesia untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan sering juga disebut sebagai “jiwa dan semangat 45”. Sebagai generasi penerus dapat meneladani jiwa tersebut melalui sikap antri baik ketika di kantin, mushola atau kamar mandi sekolah. Hal ini merupakan perwujudan dari nilai ….
A.      Solidaritas
B.      Toleransi
C.      Patriotism
D.     Jiwa kesatria
4.      Pancasila yang terdapat dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman dalam penyelanggaraan pemerintah. Penerapan Pancasila terkait dengan hal tersebut berfungsi sebagai ….
A.      Pandangan hidup bangsa
B.      Ideology terbuka
C.      Kepribadian bangsa
D.     Dasar Negara
5.      Beberapa waktu yang lalu terjadi tawuran antar kelompok pelajar. Sebagai ketua OP3M, Abdul mengajak seluruh pelajar untuk mengadakan kegiatan social di panti asuhan “Bunga Melati” agar tidak terjadi lagi tawuran dengan mengisi waktu melalui kegiatan social. Kegiatan Abdul tersebut merupakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila yaitu ….
A.      Menghargai hak-hak orang lain
B.      Saling mencintai sesama manusia
C.      Mewujudkan keadilan masyarakat
D.     Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
6.      Penanaman nilai-nilai Pancasila harus diperkenalkan oleh orangtua sejak dini kepada anak-anaknya. Di bawah ini merupakan contoh penanaman nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga yaitu ….
A.      Orang tua membagi makanan kepada anaknya berdasarkan keinginan masing-masing anak
B.      Orang tua membiarkan anaknya tidak merapikan sisa makanan di meja makan
C.      Orang tua membagi makanan kepada anaknya berdasarkan kebutuan masing-masing anak
D.     Orang tua membiarkan anaknya bermain handphone sampai larut malam
7.      Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan makna Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan adalah ….
A.      Sila pertama menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan sila kelima
B.      Sila pertama dijiwai dan menjiwai sila kedua, ketiga, keempat dan sila kelima
C.      Sila kedua dijiwai dan menjiwai sila pertama, ketiga, keempat dan sila kelima
D.     Sila kelima dijiwai dan menjiwai  semua sila Pancasila
8.      :Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan”. Salah satu alinea dalam kalimat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa ….
A.      Bangsa Indonesia siap membantu bangsa-bangsa lain untuk merdeka serta hendak mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
B.      Bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka serta keyakinan bangsa Indonesia akan kebesaran jiwa pahlawan dalam meraih kemerdekaan
C.      Bangsa Indonesia memiliki keinginan untuk melepaskan diri dari penjajahan serta menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka
D.     Penjajahan sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan
9.      Pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ada empat. Salah satunya adalah “Negara berdasarkan atas ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab”. Pokok pikiran tersebut merupakan pokok pikiran yang ….
A.      Pertama
B.      Kedua
C.      Ketiga
D.     Keempat
10.  Kebijakan fasilitas kesehatan melalui BPJS merupakan penerapan dari tujuan Negara Indonesia yang termuat pada alinea IV Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yaitu ….
A.      Memajukan kesejahteraan umum
B.      Mencerdaskan kehidupan bangsa
C.      Ikut melaksanakan ketertiban bangsa
D.     Melindungi segenap bangsa Indonesia
11.  Pokok pikiran ketiga yaitu Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan. Penerapan dari pokok pikiran ketiga ini dalam praktek kenegaraan yang tepat adalah ….
A.      Keberadaaan kampanye untuk menarik simpati calon pemilih dalam pemilu
B.      Keberadaan pemilu untuk memilih wakil-wakil rakyat di lembaga legislatif
C.      Negara membagikan beras miskin kepada seluruh lapisan rakyat Indonesia
D.     Negara menggratiskan biaya rumah sakit bagi seluruh lapisan masyarakat
12.  Semua warga negara yang telah memenuhi syarat yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan berhak mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu). Pelaksanaan pemilu sesuai dengan perinsip-perinsip kedaulatan Negara Republik Indonesia yaitu ….
A.      Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republic
B.      Negara Indonesia adalah Negara hukum
C.      Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD
D.     Presiden tidak dapat membekukan dan/atau membubarkan DPR
13.  Lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 tidak terlepas dari peranan dan semangat pemuda dalam mempersatukan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Salah satu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam semangat Sumpah Pemuda adalah ….
A.      Cinta tanah air dan bangsa
B.      Cinta pada generasinya
C.      Cinta pada prestasinya
D.     Cinta akan jati diri
14.  Bangsa Indonesia memiliki keberagaman masyarakat yang disebabkan oleh suku, budaya, agama dan keyakinan, ras, dan golongan. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia dapat menimbulkan berbagai masalah dalam masyarakat apabila tidak mencegah dan diatasi dengan baik. Permasalahan/dampak negatif dari keberagaman antara lain ….
A.      Sikap primordialisme, etnosentris dan integrasi nasional
B.      Sikap primordialisme, etnosentris dan patriotism
C.      Sikap primordialisme, integrasi nasional dan patriotism
D.     Sikap primordialisme, etnosentris dan panatisme yang berlebihan
15.  Keberagaman budaya di satu sisi memberikan peran penting bagi bangsa dan masyarakat besar seperti Indonesia. Tentu saja hal tersebut dapat terjadi apabila keberagaman kebudayaan tersebut dikelola dengan tepat. Bagaimana bila tidak dikelola dengan tepat? Malapetakalah yang akan melanda. Hamper semua Negara yang penduduknya heterogen seperti India dan Filipina, termasuk Indonesia setiap saat dapat terjadi konflik bernuansa SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
Setiap masalah yang berpotensi menimbulkan konflik SARA dalam masyarakat harus dicegah supaya tidak menimbulkan kerugian dalam masyarakat. Upaya pencegahan konflik dapat dilakukan dengan cara ….
A.      Penangkapan, pembubaran paksa dan latihan bersama
B.      Mengembangkan sikap toleransi, kerjasama, dan latihan bersama
C.      Pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian dan kerjasama
D.     Pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian, pembubaran paksa
16.  Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1)   Memiliki semangat juang
(2)   Memiliki semangat hedonism yang tinggi
(3)   Sikap rela berkorban
(4)   Keritis terhadap masalah yang terjadi dalam masyarakat
(5)   Fanatisme yang tinggi terhadap ide-idenya
(6)   Menerima dan menghargai perbedaan
Dari pernyataan diatas, semangat yang harus dimiliki oileh pemuda pada masa sekarang sebagai generasi penerus bangsa adalah nomor ….
A.      (2), (3), (4), (6)
B.      (1), (3), (4), (6)
C.      (1), (2), (3), (5)
D.     (1), (3), (5), (6)
17.  Perhatikan pernyataan ini!
1.      Mengutamakan semangat primordialisme dan chauvinism
2.      Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang dihormati
3.      Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
4.      Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme yang tinggi
5.      Bersedia melakukan pengorbanan pribadi demi kepentingan bangsa dan Negara
6.      Berupaya keras mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
Bentuk semangat dan komitmen dalam rangka mengisi dan mempertahankan NKRI ditunjukkan oleh sikap nomor ….
A.      1, 2, dan 3
B.      2, 3, dan 4
C.      3, 4, dan 5
D.     4, 5, dan 6
18.  Sering kita jumpai seseorang menunjukan gaya hidup mewah, mereka menyukai barang mahal produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang mewah mereka di media social. Harga mahal bukan halangan bagi mereka untuk membeli karena memiliki barang bermerek dari luar negeri dirasa mampu meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi. Factor penyebab lunturnya kebanggaan terhadap produk dalam negeri adalah ….
A.      Munculnya rasa iri sebagaian masyarakat terhadap public figure
B.      Tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi
C.      Rendahnya semangat nasionalisme dan patriotism masyarakat
D.     Rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya
19.  Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.      Kebangkitan nasional
2.      Perasaan senasib
3.      Patriotism
4.      Proklamasi kemerdekaan
5.      Nasionalisme
6.      Sumpah pemuda
Dari pernyataan diatas yang merupukan tahapan-tahapan pembinaan persatuan bangsa Indonesia adalah ….
A.      1, 2, 3, 4
B.      1, 2, 5, 6
C.      2, 5, 6, 4
D.     2, 1, 6, 4
20.  Keberagaman suku bangsa, agama, ras dan antar golongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga, meskipun berbeda-beda kita tetap satu, sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman dapat berdampak positif maupun negatif bagi bangsa Indonesia. Salah satu dampak positif keberagaman tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ….
A.      Mempermudah masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita nasinal
B.      Menjadikan bangsa yang dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
C.      Menumbuhkan sikap primordialisme antar suku, agama, budaya dan golongan
D.     Sarana untuk memajukan pergaulan antar suku, agama, budaya dan golongan

      II.            Jawablah petanyaan berikut ini dengan benar!
1.      Sebutkan factor-faktor penyebab munculnya keberagaman di Indonesia!
2.      Jelaskan sisi positif dan sisi negatif adanya keberagaman bangsa Indonesia!
3.      Jelaskan amaliyah apa yang dapat mencerminkan nilai sila ketiga Pancasila!
4.      Apa yang Anda ketahui tentang kebangkitan nasional Tahun 1908?
5.      Tulislah bunyi ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ujian Sekolah Mapel PKn SMPIT Al Fawwaz Banjar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel