Model Inkuiri Terbimbing
Model
Inkuiri Terbimbing
Model
inkuiri adalah suatu model pembelajaran yang dikembangkan agar siswa menemukan
dan menggunakan berbagai sumber informasi dan ide-ide untuk meningkatkan
pemahaman mereka tentang masalah, atau topik tertentu. Penggunaan model ini
menuntut siswa untuk melakukan serangkaian eksplorasi, pencarian, eksperimen,
dan penelitian.
Model
inkuiri merupakan model pembelajaran yang melibatkan minat dan menantang siswa
untuk menghubungkan dunia nyata dengan kurikulum. Meskipun sering dianggap
sebagai penemuan individu, model inkuiri tetap melibatkan kerja kolaboratif
siswa sehingga masing-masing siswa dapat belajar dari siswa lain dalam
interaksi sosial yang kondusif.
Victor
(1993:105) menyatakan “inquiry learning is
a higher level mental operation that introduces the discrepant event, i.e.,
establishing cognitive disequilibrium (using the element of surprise) to help
students develop skills in observing and being alert for discrepancies.”
Hal ini berarti pembelajaran inkuiri adalah
operasi mental yang
lebih tinggi yang memperkenalkan acara discrepant,
yaitu, membangun ketidakseimbangan
kognitif (menggunakan elemen kejutan) untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam mengamati
dan waspada untuk
perbedaan.
Coffman
(2009) mendefinisikan inkuiri sebagai pembelajaran yang berfokus pada upaya
guru dalam mengajukan pertanyaan secara konsisten untuk meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi pembelajaran selama proses belajar mengajar di dalam
kelas.
0 Response to "Model Inkuiri Terbimbing"
Post a Comment