Contoh Bab III Penelitian
BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Setting Penelitian
1. Tempat
Penelitian
Penelitian
tindakan sekolah ini dilaksanakan di SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora
Kecamatan Wanareja, yang beralamat di RT 02 RW 08 Jalan Kiarapayung No 22 Desa
Malabar Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Alasan difokuskan di SD tersebut karena merupakan tempat peneliti
bekerja. Hal ini memudahkan peneliti dalam pelaksanaan tindakan dan pengumpulan
data. Selain alasan tersebut, dipilihnya lokasi tersebut didasarkan pada
kenyataan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran di sekolah masih belum
optimal, sehingga memerlukan pembinaan melalui tindakan supervisi agar kinerja
mereka semakin meningkat.
2. Waktu
Pelaksanaan
Penelitian
dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dan dilakukan selama
tiga bulan, yaitu mulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2016.
Tabel
3.1. Jadwal Pelaksanaan
Penelitian
|
No
|
Kegiatan
|
BULAN
|
||||||||||||
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
||||||||||||
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
|
1.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Koordinas dengan kepala sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
PERENCANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Penyusunan perangkat angket observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat lembar kerja siswa, lembar observasi, lembar pengamatan,
lembar wawancara dan lembar tes
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Tindakan awal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Pretest
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Wawancara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Merancang tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Siklus I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Pelaksanaan siklus I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Observasi tindakan I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Evaluasi dan analisis data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Merancang tindakan siklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Siklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Pelaksanaan tindakan baru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Observasi pelaksanaan siklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Evaluasi dan analisis data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
PENYUSUNAN LAPORAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Pengolahan Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Penulisan hasil penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Pengesahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Subjek
Penelitian
Subjek
dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Malabar 05 UPT Disdikpora
Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 7 orang guru, yang terdiri dari laki-laki 4 orang dan perempuan 3 orang dan dari 7 orang tersebut Wiyata Bhakti 4 orang. Karakter yang dimiliki rata-rata
guru dengan masa kerja 20 untuk PNS dan 6 sampai dengan 9 tahun bagi Wiyata
Bhakti.
Jumlah guru yang menjadi responden
dalam penelitian disajikan dalam tabel
berikut:
Tabel 3.2. Jumlah Guru-Guru SD Negeri Malabar 05
|
No
|
Nama Guru
|
L/P
|
Asal Sekolah
|
Alamat
|
|
1
|
MARMI, S.Pd SD
|
P
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 03/09 Desa Malabar
|
|
2
|
ENI KUSYANI, S.Pd SD
|
P
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 02/09 Desa Malabar
|
|
3
|
ENO APRIYATNO, S.Pd
|
L
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 07/05 Desa Wanareja
|
|
4
|
NANANG PRIHATNO, S.Pd SD
|
L
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 04/03 Desa Limbangan
|
|
5
|
KUSYANTO, S.Pd.I
|
L
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 02/09 Desa Malabar
|
|
6
|
RIAN PUJI ISKANDAR, S.Pd
|
L
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 03/08 Desa Malabar
|
|
7
|
WIDIYANENGSIH
|
P
|
SD Negeri Malabar 05
|
RT 01/08 Desa Malabar
|
4. Sumber
Data
Sumber data dalam penelitian ini
berasal dari dua sumber yaitu:
|
No
|
Sumber
|
Data
|
|
1.
|
Guru
|
RPP buatan guru, realita PBM guru
|
|
2.
|
Kepala Sekolah
|
Data hasil Supervisi oleh kepala sekolah dan
hasil refleksi pada kunjungan kelas.
|
5. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan yang digunakan meliputi: observasi dan tes unjuk kerja dalam
penyusunan RPP. Dari data kuantitatif yaitu
data tentang hasil supervisi dengan model workshop, memberikan angket,
dan data tentang hasil observasi dengan menggunakan lembar wawancara pada tiap
kelompok dikumpulkan dan diolah serta disajikan dalam tabel.
6. Validasi
Data
Teknik
yang digunakan untuk memeriksa validitas data antara lain adalah triangulasi
dan review informan kunci. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan
validitas data dengan memanfaatkan sarana dari luar data itu untuk keperluan
pengecekan atau perbandingan data itu. Sedangkan review informan kunci adalah
pengkonfirmasian data atau interprestasi temuan kepada informan kunci untuk
mendapatkan kesepakatan.
7.
Teknik
Analisis Data
Dalam analisis data teknik yang
digunakan adalah:
a.
Kuantitatif
Analisis ini digunakan untuk
menghitung besarnya peningkatan kinerja guru melalui penerapan supervisi
akademik Pengawas dengan menggunakan prosentase (%).
b.
Kualitatif
Teknik analisis ini digunakan untuk
memberikan gambaran hasil penelitian secara : reduksi data, sajian deskriptif,
dan penarikan simpulan.
8.
Indikator
Keberhasilan
Penelitian
Tindakan Sekolah tentang upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menentukan
materi ajar yang dilaksanakan dalam duasiklus dianggap sudah berhasil apabila
terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menentukan materi pelajaran mencapai
85 % dan telah mencapai ketuntasan
pemahaman dengan nilai rata rata 75, seperti yang disyaratkan dalam manajemen berbasis
sekolah (MBS).
9. Prosedur Penelitian
Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Model yang
diguanakan adalah mengikuti model alur yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc
Taggart.
Model
tersebut merupakan model yang didasarkan atas konsep pokok bahwa penelitian tindakan
terdiri dari empat komponen pokok yang juga menunjukkan langkah, yaitu:
1)
Perencanaan
2)
Tindakan
3)
Pengamatan
4)
Refleksi.
Penelitian
tindakan ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan
perubahan yang ingin dicapai, seperti yang telah didesian dalam variabel yang
diteliti. Untuk melihat aktivitas guru dalam supervisi akademik dengan
pendekatan kelompok metode direktif dipergunakan observasi. Hasil observasi
tersebut sebagai dasar untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka meningkatkan
kinerja guru dalam pembelajaran.
Penelitian
tindakan sekolah tentang peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui
supervisi akademis dilakukan dengan didesain penelitian yang meliputi empat
tahap kegiatan. Keempat tahap kegiatan tersebut adalah perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilakukan sebanyak tiga
pertemuan. Pertemuan tersebut akan dilakukan pengamatan untuk menilai persiapan
atau perencanaan pembelajaran, penyajian pembelajaran, pelaksanaan evaluasi,
pelaksanaan analisis hasil evaluasi, dan pelaksanaan remidial dan pengayaan.
Berikut ini adalah beberapa
kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan siklus.
1)
SIKLUS I
a) Perencanaan
Pada siklus pertama dilakukan
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penentuan dan pemantapan permasalahan
penelitian. Untuk itu dilakukan kegiatan studi dokumentasi, diskusi dengan
guru, melakukan pengamatan awal. Setelah disepakati permasalahan utama dan
solusi pemecahan masalah, dilakukan kegiatan penyusunan instrumen penelitian
bagi peneliti dan rencana pembelajaran bagi guru yang akan disupervisi.
b)
Pelaksanaan
Pelaksanaan pada siklus pertama
dilaksanakan minggu I dan II
bulan Februari 2016, tepatnya
tanggal 2 sampai 12 Februari 2016. Terdiri dari unjuk kerja pada kegiatan lima
tugas pokok guru dalam diskusi kelompok tentang:
ü
Membuat perencanaan pembelajaran
ü Melaksanakan
PBM
ü Melaksanakan
Evaluasi Pembelajaran
ü Melakukan
analisis hasil evaluasi
ü Melakukan
remidial dan pengayaan.
c)
Observasi dan evaluasi
Observasi dilakukan oleh teman
sejawat bersama peneliti bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan. Fokus observasi
juga sama dengan pelaksanaan siklus yaitu lima tugas pokok guru. Hasil
pengamatan dikumpulkan dan disajikan pada tabel agar mudah dianalisa.
d)
Refleksi Hasil Tindakan
Dalam kegiatan refleksi ini
dilakukan diskusi antara peneliti, observer, dan guru yang bersangkutan
berkenaan dengan pelaksanaan tugas pokoknya sebagai guru. Hasil refleksi ini
merupakan kompetensi guru dalam membuat perencanaan pembelajaran. Kelebihan dan
kekurangan akan disempurnakan pada silus berikutnya. Hasil refleksi akan
memberikan gambaran kekuatan dan kelemahan yang terjadi. Hasil ini akan
dijadikan bahan pertimbangan penyusunan perencanaan siklus selanjutnya.
2)
SIKLUS II
a)
Perencanaan
Kegiatan perencanaan siklus kedua
dan selanjutnya menyiapkan format
diskusi dengan guru yang akan disupervisi berkenaan dengan hasil
pelaksanaan kegiatan refleksi siklus I. Dengan kegiatan ini akan dilakukan
upaya peningkatan kinerja dengan meningkatkan kekuatan dan mengganti kelemahan
yang terjadi dengan kekuatan yang lain.
b)
Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pembinaan
untuk siklus II dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 20 Februari 2016 semester II
tahun pelajaran 2015/2016. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai Kepala
Sekolah. Adapun proses pembinaan mengacu pada rencana pembinaan dengan
memperhatikan revisi pada siklus I, berupa diskusi dan workshop RPP sehingga
kesalahan atau kekurangan pada siklus I tidak terulang lagi pada siklus II.
Penelitian Tindakan sekolah ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur rencana
pembinaan dan skenario pembinaan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
c)
Observasi dan evaluasi
Observasi dilakukan oleh peneliti bersama teman sejawat selaku kepala
sekolah di gugus Cut Nyak Dien UPT Disdikpora Kecamatan Wanareja
Kabupaten Cilacap, saat guru
mempraktekkan di depan kelas pada saat
pertemuan siklus II, baik secara individu maupun kelompok. Pengamatan dilakukan
terhadap sikap guru dalam mempresentasikan satuan pelajaran dengan pengajaran
yang baik dan dengan menggunakan format observasi yang digunakan pada siklus
II. Sedangkan evaluasi dilakukan pada akhir pertemuan siklus II dengan
menggunakan format penilaian yang sama dengan aspek pada siklus I. Cara
melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran yang baik disusun sama dengan
pada siklus I.
d) Refleksi
Berdasarkan hasil observasi selama
berlangsungnya kegiatan dan hasil
evaluasi pada akhir pertemuan siklus dilakukan refleksi. Bila guru-guru memperoleh skor dalam penilaian
yang baik final sama atau lebih besar dari 80, maka guru-guru tersebut dinyatakan berhasil, jika
kurang dari 80 dinyatakan gagal.
Berhasil dan tidaknya penelitian
ini menggunakan pengukuran sekala Likert, adapun alat ukur tersebut adalah sekala
yang digunakan adalah sekala Likert dengan lima kategori sikap yaitu : sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Penilaian dilakukan dengan
memberikan skor pada
kolom yang tersedia dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 5 =
sangat tinggi, skor 4 = tinggi, skor 3 = sedang, skor 2 = rendah,
dan skor 1 = sangat rendah. Sehingga skor maksimal adalah 4 x 5 = 20.
Setelah diperoleh nilai, maka nilai
tersebut ditransfer ke dalam bentuk kualitatif untuk memberikan komentar bagaimana kualitas sikap guru yang diamati
dalam menyusun satuan pelajaran yang baik dengan kategori sebagai berikut :
Tabel 3.3.
Tabel Kategori
|
No
|
Skor
|
Kategori penyusunan
|
|
1
|
90 – 100
|
A
( Baik Sekali)
|
|
2
|
80 – 89
|
B
(Baik)
|
|
3
|
65 – 79
|
C
(Cukup Sekali)
|
|
4
|
55 – 64
|
D
(Kurang)
|
|
5
|
0 – 54
|
E
(Sangat Kurang)
|
Sedangkan evaluasi dilakukan
terhadap hasil penyusunan satuan pelajaran yang baik pada akhir pertemuan
siklus pertama dengan menggunakan format evaluai satuan pelajaran yang baik.
Adapun aspek yang dinilai adalah (1) kelengkapan elemen dalam satuan pelajaran
yang baik, (2) kejelasan tujuan pembelajaran yang baik, (3) ketepatan/ kesesuaian program dengan tujuan satuan
pelajaran yang baik, (4) kemanfaatan program, (5) strategi implementasi/ pelaksanaan.
0 Response to "Contoh Bab III Penelitian"
Post a Comment