-->

JAWABAN MODUL 1 TOPIK 3 PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A MERDEKA BELAJAR

  



ModuL 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)


Ø Visi Misi Budaya Satuan Pendidikan


1.     D, visi tdk hrs ideal

2.     C. perwakilan seluruh warga sekolah

Refleksi : Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana? Sekolah yang kondusif ramah lingkungan yang mengedepankan pendidikan karakter. Dimana proses pembelajaran menguatkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai moral serta nilai ke religius.

Ø Memahami Capaian Pembelajaran

Memahami Capaian Pembelajaran 

Capaian Pembelajaran perlu diuraikan menjadi rencana pembelajaran yang lebih operasional dan konkret. Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran dapat digambarkan menjadi 4 tahap yaitu:

1.     Memahami Capaian Pembelajaran

2.     Merumuskan Tujuan Pembelajaran

3.     Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

4.     Merancang pembelajaran

Contoh 1 Memahami Capaian Pembelajaran

1.     C, rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian pembelajaran

2.     B, Indikator Mata Pelajaran

Refleksi : Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?  Menumbuhkan hubungan positif dankonsisten dengan anak-anak dan orang di sekitarnya. Menciptakan lingkungan penuh perhatian, terbuka, saling peduli, nyaman, dan menyenangkan untuk pembelajaran. Menciptakan kebiasaan saling menghargai dan menghormati perbedaan maupun kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.

Ø Merumuskan Tujuan Pembelajaran


1.     C, capaian pembelajaran

2.     D, lingkup materi dan kompetensi

Refleksi : Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan? Cara saya merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan pengembangan sesuai Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ada dan memuat 4 unsur pokok yang biasa di singkat ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree). Cara tersebut masih digunakan sampai sekarang.

Ø Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran


1.     D, semua benar

2.     A, benar

Refleksi : Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran? ATP merupakan pengembangan setelah menentukan tujuan pembelajaran. ATP sebenarnya memiliki fungsi yang serupa dengan  “silabus”, yaitu untuk perencanaan dan pengaturan pembelajaran dan asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun.

Post Test

1.     B

2.     A, benar

3.     B, dibagi dlm fase sesuai kompetensi yg harus dicapai

4.     A, fokus utama, kompetensi, profil pelajar pancasila

5.     C, sistem diri

6.     A, mengidentifikasi kata kunci CP

7.     D, scaffolding

8.     C, pengurutan dari mudah ke sulit

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JAWABAN MODUL 1 TOPIK 3 PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A MERDEKA BELAJAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel